SMKN 4 YOGYAKARTA | ES EM KA ADIWIYATA
Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
“ADIWIYATA” mempunyai makna tempat yang baik dan ideal untuk memperolah segala ilmu pengetahuan, berbagai norma dan etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.
Tujuan Program Adiwiyata adalah untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.
Dasar hukum program Adiwiyata diantaranya adalah :
- Kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) telah disepakati 19 Feb 2004 (KLH, Depdiknas, Depag dan Depdagri)
- Program Adiwiyata dicanangkan 21 Feb 2006 sebagai percepatan pengembangan PLH jalur pendidikan formal pada Pendidikan Dasar dan Menengah
- Kesepakatan Bersama Menteri Lingkungan Hidup dengan MenDikNas Nomor 03/MENLH/02/2010 dan nomor 01/II/KB/2010 tentang Pendidikan Lingkungan Hidup
- Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata
Edukatif :
Prinsip dasar program Adiwiyata adalah proses pembelajaran baik di dalam kurikulum maupun dalam perilaku, Partisipasif : Komunitas sekolah terlibat, dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung jawab serta peran. Berkelanjutan: Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.
Komponen program Adiwiyata meliputi 4 yaitu: (1) Kebijakan Berwawasan Lingkungan, (2) Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan, (3) Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif, (4) Pengelolaan Sarana Prasarana Pendukung Ramah Lingkungan.
Keuntungan sekolah mengikuti program Adiwiyata adalah mendukung pencapaian standar kompetensi/kompetensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pada pendidikan dasar dan menengah serta meningkatkan efisiensi penggunaan, operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi, menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
Adapun kegiatan Program Adiwiyata di SMKN 4 Yogyakarta dilaksanakan sesuai dengan program kerja yang sudah dibuat oleh TIM Adiwiyata dengan berdasarkan Kajian lingkungan yang dibuat sebelumnya. Kegiatan program Adiwiyata di SMK Negeri 4 meliputi empat komponen yaitu kebijakan, partisipasi, kurikulum berbasis lingkungan dan saranan prasarana pendukung program Adiwiyata.
Siswa SMKN 4 terlibat aktif dalam kegiatan yang mendukung program Adiwiyata, misalnya pelatihan 3 R, bank sampah, pelatihan hidroponik, pelatihan biopori, pelatihan komposing, dan lainnya.
Siswa dalam kegaiatan bank sampah
Siswa dalam kegiatan pelatihan 3 R
Siswa dalam kegiatan pelatihan hidroponik
Siswa dalam kegiatan pelatihan pembuatan biopori
Bukan hanya partisipasi dan kebijakan yang menjadi prioritas SMKN 4 Yogyakarta untuk mendukung program Adiwiyata. Beberapa Sarana prasarana yang ada di sekolah terlihat untuk mendukung program Adi Wiyata di SMKN 4 Yogyakarta. Misalnya Pengadaan slogan-slogan yang berbasis lingkungan, penamaan pohon, pengadaan garden school, tersedianya area untuk memajang hasil karya siswa baik berupa karya lukis maupun barang ramah lingkungan.
Hasi lkarya siswa berbasis lingkungan
Herbal Garden (Tanaman obat) salah satu pendukung fisik Adiwiyata
Hasil yang diharapkan dari program ini adalah sekolah menjadi tempat pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lngkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar. Dengan mengikuti Adiwiyata dapat meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui kegiatan pengendalian pencamaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi Lingkungan di sekolah.
Pada anggal 31 Juli 2018 mendapatkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Yogyakarta.
0 Komentar
Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!